Scriptwriting Masterclass

Part of the script contest, 15 best story ideas will be invited to join Scriptwriting Masterclass with Serunya! Scriptwriting Academy to then sharpen their skill to convert their ideas into a script.

Merupakan bagian dari kontes, dimana 15 ide cerita terpilih akan diundang untuk mengikuti Masterclass Scriptwriting bersama Serunya! Scriptwriting Academy untuk penambahan ilmu dalam mengembangkan ide mereka menjadi sebuah naskah.

Date:
4-5 October

Venue:
Salse Bandung


Short Film Competition Screening

Film screening from the selected short film submitted into the contest. This screening will be held prior to Final Award.

Screening film dari film pendek terpilih akan diselenggarakan sebelum Final Award.

Date:
4-6 October

Venue:
Amphitheater Salse


Non Competition – Short Film Screening

Bandung Short in collaboration with Pintoo.id and Vidsee.com invite selected short film from South East Asia and Indonesia to be shown in this session. Focused on the achievement of the films as medium for storytelling.

Bandung Short  bekerjasama dengan Pintoo.id dan Vidsee.com mengundang film-film pendek terpilih dari dalam dan luar negeri untuk diputar dalam sesi ini. Ditekankan pada pencapaian film sebagai media cerita, sebagai selebrasi ide cerita yang menjadi focus utama Bandung Short.

Date:
4-6 October

Venue:
Amphitheater Salse


Script Camp ; Script For The Master

Closed Participant

Bekerjasama dengan Wahana Kreator, program ini mengundang publik, utamanya anak muda, untuk mengikuti rangkaian kelas penulisan skenario yang diperuntukan bagi pemula.

Wahana Kreator Nusantara adalah perusahaan berbasis riset dan pengembangan cerita yang menghasilkan pencipta dan konten berkualitas tinggi. Unit usaha mereka terdiri dari Wahana Edukasi (d/h PlotPoint Kreatif) yang memiliki fokus pada pengembangan pendidikan untuk regenerasi kreator konten Indonesia, Wahana Penulis yang meneliti kebutuhan dan mengembangkan cerita menarik tepat sasaran khalayak, serta Wahana Dimensi yang menghadirkan tim produksi terampil dan profesional untuk mengembangkan cerita menjadi konten audio visual.

Date:
5 October

Venue:
Salse Bandung

 

[ Diskusi/Seminar ]

Melihat Yang Jauh, Menggali Yang Dekat

On the spot registration

“Ruang peradaban sastra Indonesia", kita bisa menyebutnya demikian. Bagaimana tidak, hampir semua sastra kanon Indonesia lahir darinya; Balai Pustaka. Layar Terkembang, Salah Asuhan, Malam Jahaman, Olenka, dan seterusnya. Pada akhir 80an, Siti Nurbaya menjadi serial TV legendaris - yang mungkin hanya bisa disaingi oleh Si Doel Anak Sekolahan, yang keduanya berangkat dari karya sastra yang dipublikasikan oleh Balai Pusata.

Di sisi lain, Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) salah satu penerbit dibawah kelompok Kompas Gramedia, menerbitkan karya-karya sastra kontemporer. Sebut saja Saman karya Ayu Utami. atau novel karya Seno Gumira Ajidarma yang menghiasi koleksi mereka.

Keduanya melahirkan produk cerita yang berangkat dari semesta orang Indonesia.

Dan bagaimanakah kondisinya hari ini? Seperti yang kita tahu, medium audio visual kini merajai semua platform - hadir dalam berbagai bentuk; web series, film pendek, dan hibrida. Bagaimanakah Balai Pustaka dan KPG melihat perubahan ini? Akankah alih media menjadi sesuatu yang Balai Pustaka dan KPG rencanakan dalam tahun-tahun ke depan?

Seminar ini akan mengupas industri cerita dan prediksi alih media yang mengubah panorama industri audio visual di Indonesia.

Date:
5 October

Venue:
Salse Bandung


[ Diskusi - Presentasi ]

Pendek Durasi, Panjang Prestasi

On the spot registration

Berpaling ke 8 tahun yang lampau, film pendek dan web series belum dipandang memili kesempatan untuk  memiliki valuasi ekonomi. Platform daring sudah ada, namun belum menunjukan celah yang cukup untuk membuktikan bila film pendek dan web series bisa menjadi industri tersendiri.

Dan kita saksikan hari ini, film pendek dalam berbagai bentuk, hadir dalam keseharian kita - melalui berbagai platform media sosial. Iklan tidak lagi sekedar menunjukan produk secara verbal, tetapi dihantarkan melalui cerita pendek audio visual. Begitu juga web series.

Sejak tahun lalu, Badan Perfilman Indonesia (BPI) bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) membuat sebuah platform yang dinamakan AKATARA; mempertemukan pelaku bisnis film dalam berbagai aspek dengan calon investor. Tidak hanya film untuk bioskop, semua celah industri audio visual yang terkait - termasuk film pendek dan web series, mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan potensinya di hadapan calon investor.

Disaat bersamaan, Viddsee, platform ternama Asia yang memasarkan film pendek ke seluruh dunia, meluncurkan Viddsee Studio; wadah yang mempertemukan antara pembuat cerita dan film dengan berbagai pihak yang membutuhkan talenta-talenta baru untuk membuat film pendek/web series.

Keduanya semakin membuka peluang bagi pembuat cerita dan film pendek Indonesia untuk merambah bisnis baru dalam skala global. Presentasi-Diskusi ini akan mengupas ekosistem bisnis dan investasi.

Date:
6 October

Venue:
Salse Bandung


[ Diskusi - Presentasi ]

Meet The Master

On the spot registration

Mengundang penulis skenario profesional, berbagi pengalaman tentang industri penulisan skenario di Indonesia.

Date:
6 October

Venue:
Salse Bandung